Bergabung Dengan NEVTIK

Desember 26, 2019

Awal kenal NEVTIK itu di kelas 10 SMKN 1 Cibinong, ada ajakan dari kakak kelas untuk ikut organisasi jaringan di setiap hari Jumat dan Sabtu. Kalau dari cara bujukannya itu bagus dan menarik jadi buat makin penasaran gimana itu NEVTIK, sekilas tentang NEVTIK yaitu organisasi yang mencoba untuk memajukan tingkat belajar di jurusan TKJ SMKN 1 Cibinong disana mulai dari berbagi ilmu, pengetahuan tentang pemasangan perangkat, konfigurasi, dan masih banyak lagi.

Pertama kali hadir di hari Jumat itu lumayan ramai dan langsung di bimbing dengan CEO NEVTIK Espinal Adrinaldi namanya, untuk jumlah anggota waktu itu masih sedikit sekitar 7 orang, untuk yang ikut akademi sekitar 20 orang.

Diawal belajar materinya masih yang umum bahas IP Address, Subnetting, Perangkat Jaringan dan lainnya, walaupun di awal belajar agak susah untuk paham materi terutama Subnetting. Dari hari pertama ikut akademi itu masih tertarik untuk ikut lagi, tapi ternyata besoknya (sabtu) NEVTIK diliburkan. Disaat itu udah agak males untuk ikut lagi dan coba belajar sendiri walaupun di minggu depannya NEVTIK kembali di adakan lagi.

Beberapa bulan NEVTIK udah mulai berkembang dan menerima anggota baru dengan syarat mengerjakan soal, di kelas 10 aku rasa masih biasa aja, belum ada rasa untuk mau bergabung dan coba belajar materi kejuruan sendiri sampai kelas 11 semester 1, saat PKL di kelas 11 semester 2 itu mulai ada rasa mau bergabung tapi udah terlambat karena syarat bergabung harus kelas 10, alasan mau bergabung karena NEVTIK udah mulai berkembang dari cara belajarnya dan jumlah anggota nya mulai banyak juga.

Beberapa orang yang bisa di bilang pintar dan sering menang lomba kebanyakan dari anggota NEVTIK, entah kenapa orang orang disekitar aku yang bukan anggota NEVTIK khususnya mereka kelihantan iri dengan itu. Kalimatnya "Si A yang menang lomba kemarin dari NEVTIK ternyata, kok bisa ya?" ada juga "Kok cuma anak NEVTIK yang sering ikut lomba? yang non-NEVTIK gak ada?", walaupun kenyataannya ada orang non-NEVTIK yang ikut lomba dan jumlahnya bisa dihitung jari.

Dikelas 11 semester 2 itu ada tawaran lomba Olimpiade Jaringan MikroTik 2018 dan coba ikut seleksi di sekolah, peserta yang ikut ada sekitar 10 orang baik dari kelas 10 dan kelas 11. Selama belajar untuk seleksi, waktu itu gabung bersama anggota NEVTIK lainnya untuk berbagi ilmu di setiap hari Sabtu atau saat NEVTIK hadir di sekolah untuk akademi nya, di saat itu rasanya kayak anggota dari NEVTIK.

Setelah seleksi di sekolah dan lolos untuk ikut Olimpiade Jaringan MikroTik 2018 ke Jakarta dan Yogyakarta bersama partner anggota dari NEVTIK yaitu Abdul Azis Aryadi walaupun pulang gak membawa piala tapi pengalaman yang cukup banyak bisa ketemu dan berbagi ilmu sama perserta lomba lainnya.


20 Oktober 2019, MUM Yogyakarta

26 Januari 2019, dikelas 12 sehabis pulang dari lomba itu setiap hari Sabtu jadi sering ke sekolah untuk belajar bersama anggota NEVTIK lainnya dan lama kelamaan jadi kebiasaan, kadang juga di suruh coba isi kelas akademi MikroTik yang kebetulan mudah di pahamin. Disaat itu juga setelah lomba dan pernah isi kelas NEVTIK jadi lebih dikenal sama adik kelas, terutama adik kelas dari TKJ 2 yang sampai sekarang masih akrab dan sering kumpul.

30 September 2019, diminta untuk buat akun LinkedIn dan username email untuk Kartu Nama NEVTIK dan di rekrut jadi anggota oleh ketua nya yang ke-4 Faris Helmi (adik kelas wkwk), awalnya agak kaget dan gak enak karena tiba tiba di rekrut, alesannya karena aktif dan sering bantu di NEVTIK padahal biasa aja. Disaat itu NEVTIK udah mulai besar dan projek yang di kerjakan lumayan, walaupun masih organisasi di SMKN 1 Cibinong.

Team Member NEVTIK 2017 ~ 2021

Dan sekarang NEVTIK udah mulai coba melaksanakan projek yang pernah jadi rencana di awal berdirinya contohnya akademi di luar sekolah, buat Server, membangun infrastruktur jaringan, yang dipimpin mantan ketua NEVTIK yang ke-2 Roni Mulya. Dan saat ini mulai di adakan Weekly Meeting untuk melihat pencapaian kegiatannya.

Kalau kalian penasaran dengan NEVTIK bisa lihat di https://nevtik.org/ di organisasi siapa saja bisa bergabung. Mungkin cerita pengalaman aku tentang Bergabung Dengan NEVTIK cukup segitu. Sekian Terimakasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »