Mengenal Apa Itu Internet

Desember 08, 2019

Di dunia yang fana ini siapa sih yang gak tau Intenet? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pasti udah tau, nah tapi dari semua orang itu belum tentu mereka paham bagaimana cara Internet itu bekerja, bagaimana caranya saling terhubung, bisa bertukar data dan lainnya.

Nah dengan adanya Internet, aktivitas manusia jauh lebih mudah belanja atau berjualan, mencari informasi bertukar data, dan masih banyak lagi. Salah satu keuntungan penggunaannya itu mulai dari Bisnis digital seperti berjualan online, Advertising.


Pengertian Internet

Internet adalah kumpulan dari jaringan yang ada di dunia dan menghubungkan ke setiap perangkat-perangkat dengan menggunakan sistem standar yang disebut Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP).



Dampak Dari Penggunaan Internet Sehari-hari

Dengan adanya Internet dalam kehidupan sehari-hari tentu mempunyai dampak positif dan negatif. Berikut dampak positif dari Internet :
  • Mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Di zaman saat ini tidak seperti zaman batu setiap kali kita membutuhkan sesuatu pasti mencarinya di Internet, mulai dari berita, film terbaru, kondisi cuaca dan lainnya.
  • Berbagi data. Dengan adanya Internet saat ini berbagi data jauh lebih mudah, dengan adanya Cloud Storage kita bisa mangambil data dimana saja tanpa menggunakan peyimpanan seperti Flashdisk, CD, atau DVD.
  • Sebagai media komunikasi. Sama seperti point pertama, setiap ingin menghubungi orang walaupun ditempat yang jauh rasanya seperti dijarak yang dekat, bisa melakukan Video Conference atau Video Call dan Telepon.
  • Peluang berbisnis. Berbisnis menggunakan Internet saat ini sudah banyak digunakan seperti berjualan Online, Adsense, dan lainnya.

Dari beberapa dampak positif yang diatas ada juga dampak negatif, seperti berikut :
  • Mudahnya tersebar berita-berita hoax atau palsu. Dengan cepat dan mudahnya informasi didapat maka berita-berita palsu bisa dengan mudah tersebar, terutama orang yang tidak memastikan berita tersebut.
  • Cyber Crime atau kejahatan Internet. Kejahatan Internet salah satunya adalah pencurian transaksi kartu kredit, contoh lainnya penipuan.
  • Konten negatif. Dengan Internet memang kita bisa mengakses apa yang kita mau disaat itu juga, namun disisi lain kita harus bijak dalam penggunaannya. Banyak situs-situs yang mengandung konten negatif yang memberikan dampak tidak baik, terutama pada anak-anak.

Dengan Internet yang sudah menjadi kebutuhan dan mempermudah aktivitas kita saat ini, terutama terus berkembang kita tetap menggunakannya secara bijak agar terhidar dari dampak negatifnya.

Artikel Terkait

First