eSIM, Teknologi Yang Akan Mengalahkan Penggunaan SIM Card

Desember 19, 2019

Seperti yang udah sempet booming di beberapa waktu lalu, teknologi eSIM sekarang sudah mulai digunakan di beberapa ponsel, walaupun harga ponselnya bisa dibilang mahal, emang mahal sih :)

Nah dengan adanya eSIM ini bisa mengurangi limbah dari SIM Card yang sudah dipakai saat ini, ada kemungkinan juga membuat teknologi lamanya yaitu SIM Card akan ditinggalkan. Oke selanjutnya akan bahas lebih dalam tentang eSIM.


Apa itu eSIM

EmbeddeSubscriber Identity Module (eSIM), sesuai kepanjangannya eSIM merupakan tekologi SIM yang sudah terpasang langsung pada perangkatnya, dan untuk bentuknya bukan seperti SIM pada sebelumnya maelainkan berbentuk chip dan tidak memerlukan kartu SIM fisik lagi karena dalam eSIM dapat menyimpan lebih dari 1 nomor telepon.


Kelebihan dan kekurangan eSIM

Kalau untuk kelebihan dari eSIM itu lebih mudah untuk menambahkan nomor teleponnya, cukup  scan barcode dan untuk menggati nomor telepon bisa di scan ulang kembali nomor yang baru.

Kalau dari ukurannya pasti kecil karena udah menggunakan chip, sekitar 6x5 milimeter atau seukuran 1 butir beras.

Untuk kekurangannya belum semua perangkat menggunakan eSIM ini dan tentu perangkat yang udah tersedia harganya cukup mahal :)


Provider eSIM

Saat ini Provider di Indonesia yang sudah dapat menggunakan eSIM yaitu Smartfren dan disusul oleh Telkomsel, untuk teknologi jaringannya sudah di dukukung 4G LTE.

Dan penggunaan eSIM saat ini pada Provider Smartfren dan Telkomsel belum secara merata karena pembagian layanan di setiap daerah berbeda-beda.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »